Selasa, 06 Maret 2012




Video Youtube "Growing Together" Iklan Uni Eropa Dianggap Rasis
Iklan Uni Eropa yang bertujuan mempromosikan misi organisasi tersebut dalam perdamaian dunia dianggap rasis. Berbagai kecaman berdatangan, mengatakan bahwa iklan tersebut menggambarkan niat Uni Eropa sebenarnya, yakni untuk menghancurkan kemajuan negara lain.

Dilansir Daily Mail, Senin 5 Maret 2012, iklan Uni Eropa tersebut diberi tema "Tumbuh Bersama". Iklan berdurasi 1:26 menit ini menggunakan penggambaran bela diri, dengan mencontek beberapa aksi di film dan video game.

Dalam iklan itu, seorang wanita Eropa berambut pirang mengenakan baju terusan kuning ala Bruce Lee di sebuah hanggar tua. Lalu datanglah tiga lelaki dari berbagai etnis dengan kebisaan bela diri masing-masing--pria China dengan kungfunya, lelaki Arab bersorban dengan pedang besar Timur Tengahnya, dan pria kulit hitam dengan jurus capuera-nya.

Ketiga lelaki ini mendekati wanita tersebut sembari mengancam. Lalu, dengan gaya seorang ninja, perempuan pirang itu menggandakan diri dan mengepung ketiga pria yang langsung tak berdaya. Dengan tenang, wanita itu lalu bersila, diikuti oleh ketiga pria itu.

Di bagian penutup, wanita-wanita tersebut menjelma menjadi bintang, perlambang Uni Eropa; diakhiri dengan tulisan "semakin banyak kita, semakin kuat". Di Youtube, sudah lebih dari 15 ribu orang menonton iklan ini. Kebanyakan mengecamnya sebagai rasis, seksis, arogan, atau imperialistik.

"Saya tidak tahu apakah iklan ini asli. Tapi, seperti inilah bagaimana Eropa bertindak saat ini: menghancurkan apapun yang datang dari Asia, mengabaikan dan mencoba merendahkan BRIC (Brasil, Rusia, India, China), dan menyulut perang dengan Timur Tengah," ujar salah seorang bernama, willemsmit.

"Wanita kulit putih bertahan melawan kulit hitam, Asia dan India. Rasis. Seharusnya pajak rakyat Inggris tidak digunakan untuk mempromosikan apa yang ditentang masyarakat," protes seorang dengan ID akun: Mrjkilcoyne.

Jargon di bagian akhir iklan menyiratkan himbauan bagi semua negara Eropa untuk bergabung dengan Uni Eropa. Saat ini, Uni Eropa telah beranggotakan 27 negara, dengan populasi mencapai 500 juta orang. Lima puluh tahun lalu, anggota perserikatan ini hanyalah enam negara dengan populasi kurang dari 200 juta.



Lihat Disini Videonya
sumber:vivanews