Minggu, 10 November 2013

Lady Gaga memang dikenal sebagai penyanyi kontroversial. Dalam setiap karyanya, ada saja yang yang memmbuat Mother Monster ini menjadi buah bibir. Misalnya, lagu Judas yang disebut menghina salah satu agama atau Born This Way yang dianggap menghalalkan hubungan sesama jenis.

Namun Gaga justru bersinar dengan musik buatannya itu. Pasalnya, karya miliknya dianggap orisinal dan hasil pemikiran penyanyi yang disebut sebagai Mother Monster.

Sayangnya, kabar tak enak menyeruak pada salah satu karya buatan Lady Gaga. lagu berjudul Born This Way dianggap menjiplak musik yang dinyanyikan girl band asal Korea Selatan Girls Generation.

Sebuah video berjudul Lady Gaga Copies SNSD! "Born This Way" Plagiarized/Plagiarism "Be Happy" diunggah ke situs Youtube. Video tersebut hanya berupa foto Lady Gaga dan Girls Generation.

Bukan video-nya yang menjadi pembicaraan melainkan lagu dalam video tersebut. Di video ini, akun iSkyys (orang yang mengunggah video tersebut) menggabungkan lagu Born This Way dengan Be Happy.

Beberapa nada dan musik dalam dua lagu tersebut memang terdengar mirip. Bahkan, hingga instrumental yang digunakan dalam lagu ini pun nyaris sama.

Single dari Lady Gaga bertajuk Born This Way dirilis 11 Februari 2011 silam. Sementara, lagu Be Happy milik Girls Generation dikeluarkan 28 Januari 2010 silam.

Akibatnya, video yang menampilkan dua penyanyi yang berbeda bangsa ini pun ramai dibicarakan. Video tersebut telah ditonton oleh 1.285.062 orang. Banyak juga yang memberikan komentar mengenai dua lagu ini. Penggemar Lady Gaga dan Girls Generartion "berperang" di kolom komentar.

Tudingan buruk tentang Lady Gaga pun menyeruak. Ada yang menyebutkan jika penyanyi internasional sekelas Lady Gaga saja mencontek karya dari penyanyi Asia. Selain itu, terdapat pernyataan negatif tentang Yoona dan kawan-kawan, Girls Generation memiliki suara pas-pasan dan hanya pamer tubuh saja yang membuatnya jadi terkenal.

Bukan kali ini saja, karya dari idola hallyu diduga telah dicontek musisi dari negara Barat. Sebelumnya, I Am The Best milik 2NE1 disebut-sebut telah dijiplak habis-habisan oleh penyanyi bernama La Materialista dengan melodi yang sama