Senin, 23 Juli 2012

buah kurma
Alasan Buka Puasa Harus Diawali dengan Makanan Manis - Hari ini Harrys76 kembali hadir dengan membawa tips sehat Puasa, yaitu Alasan Buka Puasa Harus Diawali dengan Makanan Manis.

Ya, biasanya saat berbuka puasa, pasti Anda memilih memakan makanan yang manis terlebih dahulu bukan? Tidak salah lagi makanan itu adalah Buah Kurma. Jadi, kenapa Buka Puasa Harus Diawali dengan Makanan Manis? Berikut penjelasannya:

Artikel Bermanfaat: Tips Atasi Lelah Secara Alami

"Ketika seseorang berpuasa, maka di dalam lambung akan terjadi pengosongan setelah enam hingga delapan jam sehabis makan sahur. Saat lambung sudah kosong, tubuh memerlukan tenaga dari kalori," jelas Dr. Ari Fachrial Syam, dokter spesialis lambung.

Saat masih dalam keadaan berpuasa, lanjut Dokter Ari, tubuh akan secara alami terus menerus meraih energi dengan mengasupnya dari cadangan-cadangan kalori yang tersimpan dalam tubuh.

"Oleh karenanya, saat masuk berbuka puasa. Diajurkan untuk mendahulukannya dengan asupan manis. Karena makanan atau minuman manis merupakan sumber kalori yang dapat diproses langsung menjadi energi," paparnya.

Kendati demikian, Dokter Ari menganjurkan untuk mengonsumsi asupan manis dari gula yang kompleks (gula alami, bukan gula buatan seperti gula pasir). Terkhusus untuk diabetesi yang menjalankan puasa.

"Lebih baik konsumsi manis dari gula yang kompleks. Bukan gula dari gula pasir. Tetapi dari buah-buahan, kurma, madu atau gula aren. Apalagi untuk para diabetesi yang berpuasa. Boleh minum teh manis, tapi manisnya dari gula alami, bukan yang buatan, boleh dari madu misalnya. Atau diawali dengan minum air putih sebanyak 2 hingga 3 gelas sebelum solat magrib disertai makan kurma sebanyak 5 hingga 6 butir," tandasnya.

Jadi begitulah, Alasan Buka Puasa Harus Diawali dengan Makanan Manis, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dalam menjalankan Ibadah Puasa. TERIMAKASIH!
Referensi by: Okezone.com
4.5