Senin, 23 Juli 2012

konsumsi sayur saat Puasa
Manfaat Konsumsi Sayur selama Berpuasa - Hari ini Harrys76 akan berbagi lagi mengenai tips sehat puasa, yaitu Manfaat Konsumsi Sayur selama Berpuasa.

Tidak lepas dari bulan biasa, Bulan Puasa pun kita harus mengkosumsi sayur. Mengapa kita harus mengkomsumsi sayur? apa manfaatnya?. Berikut penjelasan mengenai Manfaat Konsumsi Sayur selama Berpuasa:

Artikel Bermanfaat: 5 Buah yang Dapat Meningkatkan Kualitas Otak

Sayuran yang memiliki kandungan serat tinggi dapat menahan lapar hingga 14 jam. Salah satu sayuran yang paling populer adalah bayam yang biasa hadir pada menu keseharian keluarga Indonesia. Sementara untuk buah, pisang yang paling sering dikonsumsi. Manfaat sayur memang luar biasa. Dengan memperbanyak makanan berserat ini, kita juga akan lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa.

Sebab, stamina tubuh dalam keadaan optimal. Di lain pihak, makanan yang banyak mengandung gas dan santan, sebaiknya dihindari. Perlu diketahui, bila perut dalam keadaan kosong, maka berbagai penyakit seperti flu rentan menghinggapi tubuh. Sementara kandungan vitamin C dalam sayuran, selain berfungsi untuk kesehatan kulit, juga membantu mencegah flu.

Bagi anak-anak yang berpuasa pun harus mengkomsusi sayur, agar kesehatannya terjaga. Tetapi bagaimana jika anak-anak tersebut tidak menyukai sayur? Banyak cara agar anak mau memakan sayur. Contoh yang bisa saya berikan sebagai berikut:
1. Membuat karakter kartun atau benda dari sayuran. Misalnya saja membuat karakter Shaun The Sheep dari kembang kol.

2. Membuat makanan dalam ukuran mini juga lebih disukai anak. Anak jadi tidak merasa takut kepada sayuran jika dibuat dalam bentuk yang lucu.

3. Bagi orang tua dapat menyiasatinya dengan memberikan wortel, brokoli, atau sayuran apa pun dalam bentuk lain. Sebut saja dalam bentuk jus, agar-agar, atau es.
Nah, beritulah tadi Manfaat Konsumsi Sayur selama Berpuasa, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda (orang tua beserta anak) dalam menjalani Ibadah Puasa. Sekian dan TERIMAKASIH!
Referensi by: Okezone.com
4.5